Sabtu, 11 Desember 2010

Peran etika dalam kehidupan modern

  Nih lagi sbuah karya tulis lagi.. judul nya peran etika dalam khidupan modern..wktu dlu gw ada tugas ini susah bner carinya loh.. bkin pusing.. tp ni khusus buat agan gw posting in..
link download ada di bawah kalo agan males copi hehe..



PERANAN ETIKA DALAM KEHIDUPAN MODERN




ETIKA


         Pengertian :
               Kata Etika berasal dari kata Yunani “ Ethos” yang berhubungan dengan pertimbangan pembuat keputusan, benar atau tidaknya suatu perbuatan karena tidak adanya undang-undang atau peraturan yang menegaskan apa yang harus dilakukan.
               Etika adalah ilmu pengetahuan tentang kesusilaan (norma) kesusilaan adalah keseluruhan aturan, kaidah atau hukum yang mengambil bentuk amal dan larangan.
               Serangkaian ajaran kesusilaan dari zaman kuno, ajaran moral yang diberikan kepada anak senantiasa mengatakan berbuatlah begini dan tidak boleh berbuat begitu atau singkirilah hal itu. Dengan kata lain kesusilaan ditanamkan untuk mengatur perilaku manusia serta masyarakat yang terdapat pada individu atau masyarakat tersebut. Perilaku manusia diatur atau ditentukan oleh norma kesusilaan  dapat juga dikatakan bahwa manusia dibentuk oleh kesusilaan.
               Kini dapatlah kita memahami secara lebih baik apakah artinya bila dikatakan bahwa etika itu adalah ilmu pengetahuan tentang kesusilaan.

Etika dipengaruhi  oleh :

[ Lingkungan

   Lingkungan ini sangat besar dalam mempengaruhi pola tingkah laku. Lingkungan ini dibentuk oleh tiga komponen yaitu : individu, keluarga dan masyarakat. Lingkungan terbagi dua bagian yaitu lingkungan intrinsik : keluarga dan lingkungan ekstrinsik, yaitu : masyarakat sekitar, kemajuan teknologi.
[ Pola Asuh
   Anak merupakan amanah Tuhan pada orang tua sehingga sudah kewajiban orang tua untuk mendidik dan mengarahkan anak tersebut. Orang tua memegang peranan penting dalam pembentukan seorang anak sebab orang tua merupakan contoh nyata bagi anak tersebut.         
[ Adat  istiadat

   Merupakan kebiasaan umum pada suatu lingkungan tertentu, jadi kita harus bisa menyesuaikan dengan lingkungan yang kita masuki seperti kata pepatah “ Dimana bumi di pijak disitu langit di junjung”.
[ Individu

  Tergantung pada individunya masing-masing dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
Jadi keempat point diatas saling mempengaruhi satu sama lain.




Manfaat Etika

Dengan beretika kita dapat diterima dilingkungan mana saja sehingga terciptanya keharmonisan dan kedamaian  diantara umat manusia.


Peranan Etika dalam Kehidupan Modern

         Etika memberikan kepada kita apa yang diberikan oleh setiap ilmu pengetahuan, etika juga memenuhi keinginan manusia. Memang sesungguhnya manusia merupakan makhluk yang paling menarik, bagi manusia tidaklah mengherankan bahwa hasrat adalah pengetahuan terarah pada manusia sebagai makhluk susila.       
        Melalui sejarah etika, kita belajar mengenal pendapat-pendapat kesusilaan yang berpengaruh pada suatu masa tertentu, dampak yang dialaminya dan pada gilirannya nanti dampak-dampak yang diakibatkannya. Manusia memberikan tanggapan atas perilakunya sebagai perilaku yang baik atau yang buruk, kemudian sekali lagi merenungkannya.
        Dalam kebanyakan peristiwa manusia melakukan perbuatan secara serta merta tanpa merenungkan perilakunya dan ukuran kesusilaan.      
       Jadi, etika bukan hanya merupakan kesibukan yang sedikit banyak bersifat teoritik, melainkan juga merupakan yang bersifat amat praktik
       Seperti kita ketahui etika sangat pentingdalam kehidupan saat ini, apalagi seperti sekarang ini etika agak sedikit ditinggalkan, seperti sifat individualistiknya sangat ditonjolkan apalagi didaerah perkotaan.
      Mengingat saat ini generasi penerus bangsa Indonesia sudah mulai luntur nilai-nilai moral dan norma dalam kehidupan sehari-hari, misalnya banyak berita-berita dimedia massa baik elektronik maupun surat kabar mengenai tawuran antar pelajar, anak membunuh orang tua dan berita-berita kekerasan atau kriminal lainnya yang kebanyakan pelakunya adalah remaja. Kita sangat menyayangkan betapa tidak sesuai kemajuan teknologi dibandingkan dengan kepribadian atau etika yang mereka miliki bertambah merosot. Memang masa remaja merupakan masa pancaroba dan jiwa dimana pada saat itu mereka mencari jati dirinya dan emosinya sedang labil sehingga rawan dengan datangnya pengaruh dari luar baik yang buruk atau yang baik. Apabila mereka tidak menyaringnya maka rusaklah kepribadian mereka, oleh karena itu sangat penting peranan orang tua, guru, masyarakat dalam membentuk kepribadian.
      Kita ambil bahan perbandingan remaja dahulu dimana nilai etika mereka junjung tinggi , mereka selalu menurut walaupun bertentengan dengan hati nurani. Itu membuktikan bahwa dizaman dahulu didikan orang tua dalam menanamkan etika terhadap anaknya sangat ditekankan. Apalagi dizaman ini kita harus bisa menempatkan dan menggunakan etika dimanapun kita berada, karena dengan beretika yang baik pandangan orang kepada kita akan baik pula.
           
           
Daftar Pustaka
1. Dr.H.De Vos, 1969, Pengantar Etika, Cetakan Pertama 1987

2. Legger K.A Manusia Dalam Lingkungannya

3. Widjaya A.W Editor Manusia Individu

download via 4shared
By admin 1 LikePlue ..trimss
yg bingung2 silahkan tanyaa

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar